Friday, June 5, 2015

MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN

         
   MATAKULIAH       : METODOLOGI  PENELITIAN.
   PROGRAM STUDI  :  MANJEMEN,  FAK.EKONOMI, UNU  .SURAKARTA.                                                                                                           
   SEMESTER             :  2 ( DUA), PEBRUARI- JULI  2010.
   TEMPAT  KULIAH : KAMPUS LAMA, PENUMPING  SURAKARTA.
   PENGAMPU            : DR.SOEPARDJO, M.M; M.Pd..

   REFERENSI YANG  PERLU  DIPELAJARI :
             1.Metodologi Penelitian, Jilit 1,2,3,4,Prof.Drs.Soetrisno Hadi,MA.,Fak .Psikholo
                 gi UGM,Yogyakarta.
             2. Analisa Regresi,                                             “
             3.Manajemen Penelitian, Prof.Dr. Soeharsimi Arikunto.
             4. Metode Penelitian, Nana Sudjana.
             5. Metode Pnelitian Kualitatif,Maleong,SutapoHB,Y.Slamet, Madyo Eko S,dll.
            
    BAHAN PEMBELAJARAN  SBB:         
    BAB. I  PENDAHULUAN.
                  A.Latar Belakang Kehidupan Manusia di Dunia.
                         1. Eksistensi Kehidupan Manusia di Dunia.
    a. Manusia hidup diciptakan oleh Allah SWT,yaitu manusia Laki2 dan
        Perempuan untuk hidup di muka Bumi(Dunia Fana).
    b.Mereka diberi modal kekuatan/kemampuan/ potensi/power/kekuatan:
       1). Kekuatan  Fisik/Jasmani/Biologis/Ragawi.
       2).        ”         Akal/Rasio/IQ.
       3).        ”         Batin yang berupa Nafsu,yaitu:
             a). Nafsu Amarah,   berupa kelenjar  Merah  à suka marah.
             b).   ”       Aluamah,    ”          ”        Kuning à  suka mmiliki
             c).    ”     Mutmainah  ”         ”        Putih    à     ”  menolong.
             d).    ”       Shofiah        ”         ”       Hitam  à      ”  bijaksana.
       Dari ketiga kekuatan tsb.kadar kualitasnya tidak sama secara pro-
        porsional.( ada yg rendah,sedang, tinggi, /jelek,cukup, baik).
        Hal ini terkadung maksud agar mereka saling tolong menolong,
        saling menghargai, guyub rukun satu sama yang lain, sehingga
        memiliki nilai ibadah yang berpahala.
                          2.Tugas Kehidupan Manusia di Dunia.
     a. Mejadi kholifah à pemimpin/ pembaharuan/ tenaga pemban
     b. Menjadikan dunia ini damai sejahtera,selaras,harmonis, serasi,
         seimbang dalam hubungan dn interaksi komunikasi sperti:
         1).Habluminallah à Hubungan  dengan Allah SWT
         2).Habluminanaas.-->     ”                ”      Antar Manusia.
         3).  Hubungan  manusia dengan alam.
         Sesuasi dg tugas hidup dan kemampuan  yg  diberikan  oleh  Allah
     SWT tsb.maka sudah selayaknya setiap insan ingin melaksanakan
    dng se-baik –baiknya, sesuai dengan tugas-kewajibannya dlm masyara
     kat, baik yg formal maupun yg non formal dan informal.


     a. Formal adalah tugas kewajiban pd instansi pemerintah, seperti sbg:             
           1).Birokrat di Pemerintahan Pusat, Daerah, Desa.
            2).Kementrian Sosial,Keuangan,BUMN,Militer,Karyawan Pabrik
                Kepolisian,Kejaksaan,Kehakiman, Perdagangan, dsb.
            3).Guru, Konselor,Perbankan, Peneliti, serta pelaku ekonomi,dsb.
     b. Non Formal adalah pada masyarakat,seperti sebagai:
             * Mubaleig,Ustad, Ketua RT, RW,dan Lembaga Sosial lain, dsb.
     c. Informal ,tugas kewajiban dalam Rumah tangga,seperti sebagai:
                                   *Kepala Keluarga.,Pembimbing,Pengasuh,Pelindung, Pendidik thd.           
            Anak-anak.
  Catatan: Silahkan memilih sendiri2 tugas kewajiban dalm tugas kekholifahan tsb.
      
                  B.Tujuan dan Manfaat Pembelajaran.
                          1.Tujuan Pembelejaran.
                              Dalam proses dan pasca pembelajaran Metodologi ini mhw.diharap-
                               kan dapat:
                                a. Mampu mengikuti proses pembelajaran secara saksama,sehingga
                                b. Mampu memahami ilmu pengetahuan metodologi secara konpre-
                                     hensip.
                                c.Mampu tampil melaksanakan penelitian secara umum dan khusus.    
                          2. Manfaat Pembelajaran.
                                a.Untuk membekali mahasiswa tentang ilmu pengetahuan Metode –
                                   Penelitian.
                                b.Untuk melaksanakan pelitian ketika ada kesempatan/kepentingan
                                   tertentu , misalnya ketika akan menyusun Skripsi.
                                c.Untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi secara ilmiah.

   BAB II. KAJIAN  TENTANG  TEORI  DALAM  METODE  PENELITIAN
              A. Pengertian Metode Penelitian.
                           Metodologi,berasal,dari Kata Metod,dn Logos,dari Bahasa Latin/Yunani
                        Dalm bahasa Inggrisà Method  yang berarti “ cara/teknik” dan Logic
                        yng berarti akal/rasio.Oleh karena itu Metodologi dapat diartikan sbg
                        suatu cara(ilmu pengethuan) untuk mmecahakan suatu masalah,secara
                        ilmiah.
                        Ilmiah adalah bahwa kebenaran yg dinyatakan itu dapat diterma oleh
                        akal sehat manusia dewasa normal.
                            Berkaitan dengan hal tsb. berarti bahwa”cara –cara yg digunakan untuk
memecahkan masalah itu kebenarannya dapt diterima oleh akal  sehatnya                                                                                                                                                                     manusia dewasa normal ”dimana me- reka tidak mengalami kecacatan                                                                                      manusia itu baik mental maupun fisik yg tidk dapat berpikir secara sehat /normal/masuk akal(logis).
             B.Pengertian Populasi,Sampel,Teknik Pengembalian Sampel dan Penetapan
                       Besaran Sampel.
                          1.Populasi.
                             Populasi adalah sejumlah individu/oknom/satuan terkecil yang menja
                             di subyek dalam penelitian.Oleh karenanya individu-individu tsb.sbg   
                             sumber diperolehnya keterangan/informasi yg diberlakukan sebagai
                             data. Data tsb. dapat diujudkan angka (data nominal),dapat juga di –
                             ujudkan kata-kata/kalimat yang mempunyai makna pada umumnya,d
                              khususnya yang berkaitan dengan penyebab timbulnya masalah pada
                              arena/lokasi dimana dalam populasi tsb.terjadi problem/masalah.
                          2. Sampel.
                              Sampel adalah sebagian dari individu –individu pada populasi,yang a-
                              kan dijadikan obyek pengambilan data dalam penelitian.Hal ini dilaku-
                              kan apabila jumlah individu dalam populasi besar (diatas seratusan),dg
                              mempertimbangkan tingkat “homoginitas” individu-individu tsb.
                              Penelitian semacam ini disebut “Penelitian Sampel”,tetapi apabila tdk.                             
                             disampel, penelitian itu disebut”Penelitian Populasi / Population Re-
                              search ’’.
                          3.Teknik Pengambilan Sampel.
                             Agar mndapatkan sampel yang mewakili populasi /Representatif,maka
                             pengambilan sampel tdk boleh smbarangan.Untuk itu ada beberapa tek
                             nik yg dapat digunakan yaitu:
                             a. Teknik Random Sampling /Acak.
                                 Teknik ini dilakukan denga alasan bhwa semua individu dlm popula-
                                  si diberlakukan mempunyai ksempatan sama untuk menjadi sampel,
                                  sehingga lbih bersifat adil, tidak membeda-bedakan kesempatan,dg
                                  tanpa pandang bulu untuk mendapatkan jumlah sampel tertentu.
                                  Sebagai contoh dalam teknik ini al:
                                   1). Secara Undian.
                                   2).Secara penentuan urutan pada nomor urut ganjil/genap dg klipat
                                       an tertentu.  Misal No.Ganjil klipatan 3. à  1, 3, 6, 9, 12, 15, dst.
                                                              ”       ”     Genap   ”        2.--> 2,  4, 6, 8, 10, 12, dts
                             b. Teknik Class Sampling.,dg melihat klas-klas /klompok2 yang ada,di
                                  mana setiap klass/klompk diambil sebagian sbg wakilnya.
                                   Contoh ,apabila populasinya siswa,yaitu: Klas I, II, III,dst./ Klas A,
                                                                                                      B, C, D, E, dst.  
                                        ”           ”            ”             dlm klompok umur sekolah,yaitu:
                                           Klompok Play-Group,TK,SD,SMP,SMA/MAN, Mahasiswa.
                              c.Teknik Areal Sampling.,dimana populasi dibagi-bagi dlm daerah-da-
                                  erah/areal-areal tertentu.Misal:RT,RW, Kadus, Desa,Kecamatan,dst
                              d.Teknik Propourship Sampling, dimana populasi dibagi-bagi menurut
                                  Jabatannya individu populasi.Misal, jabatan Menteri, Dirjen, Irjen,
                                  Sekjen, Gubernur, Bupati/Wali kota, Camat, Kades. dlsb.    
                         4.Besaran pengambilan jumlah sampel.
                             Jumlah sample yang akan dijadikan obyek penelitian itu“tidak sama be-
                             sarnya.Hal ini sangat dipengaruhi ciri-ciri spesifikasi individu populasi,
                             maupun jumlah individu populasi.Dalam bidang Eksak,berbeda dengan
                             Sosial, Benda Hidup berbeda dg benda mati dsb.



                             Untuk ini dapat ditentukan langsung nominalnya,10, 50, 100, dts / Pro
                             sentasi, 5%, 10%, 15%, 20%, 25%, dst. ( lihat bukunya Suharsimi Ari-
                             kunto,Manajemen Penelitian).                                              
                    C. Teknik Pengumpulan data.
                         1. Observasi/Pengamatan, Survey à langsung/tidak langsung.
                                                                                à partisipan penuh/ tidak penuh.
                         2. Dokumentasi,pengambilan gambar/data catatan di suatu kantor.dst.
                         3. Wawancara/interview, à langsung/ tidak langsung.
                         4. Angket/Daftar pertanyaan.
                         5. Combination/perpaduan antara beberapa teknik yang ada tsb.
                          Hal ini dilakukan krena tidak ada satupun teknik itu yg paling sempurna,
                          masing-masing ada  kelemahan dan keunggulannya.
                     D.Teknik Analisis Data.
                         Yang dimaksud dengan : analisis data adalah upaya yang dilakukan    
                          Peneliti untuk merangkum secara akurat data yang telah dikumpul-                                                                                                             
                          Kan/ dihimpun dalam bentuk yang dapat dipercaya dan benar.
                          Untuk menganalisis data yg telah terkumpul tsb pd prinsipnya ada dua je-
                           nis/macam.Jenis tersebut sesuai dg jenis penelitian yg dilaksanakan,yaitu
                          1.Analisis Kuantitatif.
                             Teknik ini digunakan karena data yang terkumpul berupa data angka,
                             maka menganalisisnya dg alat yng sudah dibakukan perhitungan ang-
                             ka yaitu “Statistik” beserta rumus-rumusnya . dari yg berbentuk seder-
                             hana sampai yg kompleks.
                             a. Yang sederhana ,misalnya perhitungan2 untuk mencari:
                                 1). Mean   à   nilai rata dari suatu kumpulan nilai angka.
                                 2). Median à nilai titik tengah           -”-                          .
                                 3). Modes à     ”      -                           ”
                              Didalm mnganalisis dengan perhitungan statistik yg sederhana itu bia
                              sanya,baru mencari jawaban  satu masalah pd satu klompok populasi
                              ( satu variabel ).
                              Contoh: 1.Persoalannya volume penjualan. 
                      1).Berapa besaran penjualan barang Gula Pasir di Toko Kelontong
                          ” BUDI  SEHAT ” selama  1 bulan di bulan April 2010.
                           (a). M.=  Mean / rata2  shari terjual berapa Kg.selama 1 bulan?.
                           (b). Md= Median/ (penjualan),pada tgl 15 terjual ...Kg?
                           (c). Mo = Mode/nilai jual tertinggi(terbanyak) berapa Kg?                                              
                             b. Yg sudah termasuk komlpeks (Stastistik),untk mencari korelasi,spt:
                                    1).Rumus Product Moment à untk  2 variabel.
                           Contoh 2.Persoalannya volume penjualan dari  2 tempat Toko Kelon-
                                            tong menjual Gula Pasir.
                                            Misal Toko ASIH à A, dan Toko BUDI SEHAT à B
                                            a).Akan dicari masalah Volume Penjualan dari kedua tokotsb
                                            b). Jawabnya: Toko A, / Toko B, yang volume penjualannya
                                                 tinggi.


                                        Dari volume penjualan tadi dapat menimbulkan masalah berikut
                                        nya /masalah baru,yaitu :“Ada hubungan dengan apanya ten-
                                        tang tingginya volume penjualan pada toko tsb”?
                                        Jawaban sementaranya a.l.adalah sbb:
                                            (1).Mungkin karena Tempatnya yg lebih strategis.
                                            (2).    “              “       Pelayanannya lebih ramah.
                                            (3).    “              “       Harganya sedikit lebih murah.
                                            (4).     “              “      Barang dagangannya lebih berkualitas,
                                        maka perlu dilakukan penelitian dengan mengajukan permasalah
                                        an dalam bentuk pertanyaan  tentang ”ada ./tidaknya”:
                                            (a).  Hubungan antara volume penjualan dng t.4 yg strategis/
                                                    (kestrategisan  t 4).?
                                            (b).  Hubungan antara volume penjualan dng. Pelayanan?                      
                                            (c).  Hubungan antara volume penjualan dng. Harga?
                                            (d).  Hubungan antara volume penjualan dng.variasi barang
                                                    dagangan yg tersedia?
                                    Adapun cara menghitungnya dengan Rumus Product Moment.sbb.
                          1).Product Moment.  
                  
    Keterangan :
    a. Rxy, adalah hasil perhitugan dari variabel X dan Y
    b. N adalah jumlah individu dari variabel X/Y
                            c. ∑, adalh jumlah kseluruhan individu pada unit-unit tertentu /variabel
                                    tertentu.                        
Dalam rumus ini menghitung tentang hubungan / pengaruh dari dua kelompok(variabel)yaitu X dan Y.Ingat pengrtian Pengaruh tidak sama dngan pengertian Hubungan/Korelasi, tetapi kondisi pengaruh bersumber dari kedekatan kadar hubungan.
       ! --------------------------------------------------------------------------------------------------- !     
       ! Catatan bahwa Rumus Product Moment yg sudah dibakukan dalam statistik !       
       !    itu untuk mencari kadar Korelasi/Hubungan.                                                    !                                                   
       ! - --------------------------------------------------------------------------------------------------!

                 1. Rumus tsb adalah Rumus untuk mencari korelasi antara dua variabel.
                 2. Apabila variabelnya lebih dari dua  dapat menggunakan:
                        2).Rumus T.Test.
                        Proses penghitungan sama  dengan rumus Product Moment tsb.
                        Contoh: Misalnya Variabelnya  3.( V1; V2; V3).Dng Rumus  tsb
                         Vi, dicari korelasinya dengan V2.-à ada berapa?  =.............
                         Vi,    ”           ”                ”       V3.-à   ”        ”    ?  = ...........
                         V2    ”           ”                ”       V3 -à  ”         ”    ?. = ...........




                      Hasil perhitungan tsb. disebut Rxy /Ro., terus dikonsultasikan dng.Rumus
                       dalam Tabel Kofesien Korelasi pada N yg sama dari sampel penelitian:
                          a). dg taraf Signifikansi  1% (tingkat kepercayaan 99%) -à disana ada        
                                angka tertentu sbg batas signifikansi = batas korelasi.
        .                 b). atau dg taraf Signifikansi 5% (tingkat kepercayaan 95%),
                               à disana ada angka tertentu,yang sudah distandarkan/dibakukan,
                                     untuk  digunakan sebagai bilangan/angka pembanding,dg angka
                                     hasil perhitungan dari analisis data penelitian, (rxy).                               
                      Berdasarkan hasil perhitungan : dg angka dalam tabel(dari masing2 ts tsb),
                       jika selisihnya minimal > 0,01 maka ada korelasi positip. Jika selisihnya
                       < 0,01,maka tidak ada korelasi. Apabila selisihnya minimal < - 0,01 , ma
                        ka korelasinya Negatif
                                   
                        3). Rumus  Anova /ancova à  variabelnya  4, 5   / lebih.:
                 3 .Apabila pd setiap Variable ada sub2 Variabel, maka menanalisisnya dng
                    Anova (Analisa Kovarian)./Analisa co Kovarian.
                  Contoh:Misalnya.,Ingin mencari korelasi/ pengarauh (arti korelasi berbeda dg
                            Pengaruh, tetapi adanya pengaruh dapat diketahui dari adanya kadar
                            hubungan dari Variabel yg bersangkutan).Jika hubungan dari va-
                            riabel bebas(X), dg variabel terikat(Y),dapat merubah keadaan Y,
                             maka artinya hububgab tadi mempunyai pengaruh.
                            ** Adakakah  korelasinya  antara Volume penjualan dengan  Merk?
                            Dimana volume penjualan disebabkan oleh banyak hal:
                            a. pelayanan penjual. (keramahan)
                            b. letak toko penjual  (strategis)
                            c. harga, (sedikit lebih murah dari pada Merk yg lain).
                            d. kualitas merk.( lebih baik dari pada Merk yang lain).
                 Oleh karena itu dari masing2 penyebab tadi dapat dianalisis keterkaitannya ttg
                 Volume penjualan,dengan melihat berapa % kadar korelasi dari masing2 penye
                  bab tadi berdasarkan hasil komsultasi Ro/Rxy dgn Rt (R tabel).
                        4). Rumus Korelasi Regresi Ganda  à    “  korelasi lenieritas.
                 Contoh: Variabel X, yang terdiri dari x1;  x2;  x3 dengan. Variabel  Y.

              2. Analisis Kualitatif/Pilosofis.
                 Teknik ini digunakan untk menganalisis data non angka (nominal).
                 Berujud keterangan pernyataan ’kata-kata”/ kalimat, didasari  pemikiran Log-
                 gika Benar / Silogisme yg benar bersumber data pd kelompok
                 ”mayor  dan minor”.
                 Contoh: Fraksi Partai Demokrat , menyatakan Bailot Century tidak salah.
                               7. Fraksi Partai di DPR menyatakan Bailot Century salah.
                                Jadi Bailot Century salah dan perlu ditindak lanjuti secara hukum .




           
     E.Teknik  Intepretasi Hasil Analisis Data.
              Melakukan dugaan yg benar secara logis terhadap hasil analisis data,sebagai
              kesimpulan sementara,dengan mempertibangkan tingkat ketepatan teknik-
              teknik yang digunakan dalam penelitian tsb.(Tri Anggulasi Penelitian).
                Anggulasi = pengecekan ulang thd unsur2/faktor2 koponen penelitian,yaitu:
              unsur Sumber data, Data yng terkumpul, Proses(metode) penelitian.
              Secara singkat yg dimaksud dng “Analisis data”adalah upaya yang dilaku-
              kan penelitian untk merangkum secara akurat data yang telah dikumpul-
              kan/dihimpun dalam bentuk yng dapat dipercaya dan benar.
              Adapun intepretasi data adalah upaya peneliti untuk menemukan makna
              dari data yg telah dikumpulkan agar dapat menjawab pertanyaan peneliti 
              yang diajukan,yang disebut hepotesis.( Hepotesis yang diajukan peneliti).
              Intepretasi hasil analisis data adalah menafsirkan tentang kadar temuan,yg
             akan mendapatkan predikat.

      F. Menarik Kesimpulan Dalam Penelitian:
              Agar dapat mengintepretasi yang benar, maka perlu ditarik kesimpulan hasil   
               penelitian tsb.secara hati-hati/saksama, agar  tidak terjadi kesalahan.
             1. Pengertian  Kesimpulan.
                 Kesimpulan  dimaknai sebagai:
                  a. ikhtisar (dari suatu uraian,misal Pidato, dsb).
                  b. kesudahan pendapat (pendapat terakhir yang berdasarkan uraian sebe
                      lumnya).
                  c. keputusan yang diperoleh berdasarkan metode berpikir induktif  atau
                      deduktif.
             2. Ciri-ciri Sebuah Kesimpulan.
                  a. Singkat, jelas dan padat. Sesuai dengan pengertian  kesimpulan, merupakan
                      intisari /ikhtisar, maka kesipulan haruslah lebih singkat dari uraian.
                  b. Kesimpulan harus sesuai dengan uraian.
                  c. Kesimpulan harus dibuat seswuai dengan tujuan penelitian/ tujuan yang  
                      ingin dicapai dalam penelitian.
             3. Langkah-langkah Pembuatan Kesimpulan.
                   a. Cermati tujuan penelitian/pertanyaan dalam penelitian.
                   b. Cari temuan/ deskripsi temuan (yg dibuat berdasarkan hasil analisis data).
                   c. Cermati uraian pada dekripsi temuan per pertanyaan2 penelitian /tujuan
                        penelitian.
                   d.  Susunan kesimpulan tsb sesuai dengan urutan pertanyaan penelitian.
                   e.  Periksa kembali keseuaian antara pertanyaan penelitian, uraian,dan
                        kesimpulan,sehingga kita yakin bahwa kesimpulan sudah  dirumuskan
                        secara benar.   
                                                           





   
       G. Memberikan Saran-saran.
                1.Pengertian Saran.
                    Sesuai dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia , hal. 880 saran dimaknai
                     sebagai: pendapat (usul, anjuran, cita-cita) yang dikemukakan untk di-
                     pertimbangkan ,sehingga saran bukan merupakan perintah untk dilaksana
                     kan,tetapi merupakan anjuran yang perlu dipertimbangkan.
                     Agar saran dapat diterima dan ditindak lanjuti , maka saran harus dibuat
                     dengan landasan yang kokoh,penuh pertimbangan ,harus dibuat secara
                     jelas dan operasional agar benar-benar dapat dilaksanakan.
                     Oleh karena itu  saran –saran yang dibuat peneliti, harus berfungsi reko-
                      mendasi dengan berorientasi:
                       a. Berbahasa yg operasional,yaitu jelas,mudah dimengerti oleh yng me-
                               nerima saran.
                       b. Mudah dilaksanakan oleh penerima saran.
                       c.  Menunjukan  alternatif-alternatif  solusi, berdasarkan keunggulan,
                               kelemahan dan peluang yang ada di lokasi yg anda teliti.
                       d.  Seharusnya sesuai dengan hasil pada kesimpulan. 
                            Dengan kata lain kalimat saran jangan panjang-panjag, yg berdampak
                            membingungkan maknanya ( gunakan tata bahasa yg baik dan benar).
                      
                2.Rambu-rambu Pembuatan Saran.
                       a. Saran harus sesuai dengan kesimpulan dan hakekat penelitian yg dila-
                               kukan.
                       b. Saran harus mempunyai sasaran yg jelas,sehingga pembaca harus tahu
                            kepada siapa saran itu ditujukan.
                       c. Saran sebaiknya bersifat konkret dan operasional mudah dilaksanakan
                           dan diterapkan.
                       d. Saran juga harus mempertimbangkan metodologi /prosedur penelitian
                               dan bidang kajian yang dilaksanakan.
                       e. Saran yang dibuat haruslah merupakanpemikiran yang penting untuk
                               memperbaiki suatu keadaan lokasi penelitian.
       
     BAB III  VARIASI  MODEL  PENELITIAN
                         Yang dimaksuad dengan Variasi model disini adalah berbagai jenis pene-
                         litian dilihat dari sudut pandang kepentingan maupun proses.

                     A.Ditinjau dari sudut pandang penggunaan waktu.
 Melaksanakan penelitian manakala membutuhkan waktu yg lama( seta-     hunan /lebih) atau dengan waktu pendek (kurang dari satu tahun).     Untuk itu penelitian dapat digolongkan/dikelompokkan menjadi dua:
                           1. Penelitian Long timer /longitudinal ( dengan waktu   panjang                                                                                                     2. Short timer/shorttitudinal (     ”          ”     pendek ).





B.Ditinjau dari  sudut pandang  kepentingan.
    Ini juga banyak variasinya, misalnya:
 1.Kepentingan Kelompok.
     a.Kelompok Besar,yang penelitinya lebih dari 5 orang.
     b.kelompok Kecilk   ”           ”          < dari 5 orang,.
     Pada kelompok besar ini, umumnya penelitian dilakukan pada areal
     yang luas d waktu yg lama. Misal, level Kabupaten,Propinsi bahkan
     Nasional/Negara,dan Regional.  
 2.        ”            Perorangan/pribadi
     Penelitian ini dilakukan oleh seseorang dlm kapasitas kepentingan

     tertentu, yang hasilnya juga bermakna terbatas,tetapi juga tidak me-
     nutup kemungkinan dapat digunakan oleh orang lain(umum).
     Contoh:a. Penelitian untuk membuat Skripsi,Thesis,Desertasi.
                  b. Penelitian yang dilakukan oleh Pejabat tertentu,untuk me-
                      ngetahui permsalahan tertentu yg perlu dirahasiakan.
                      Misal tentang kasus-kasus kenegaraan oleh INTELEGEN
                              3 . Penelitian Hibah,ada dua jenis:
                                   a. Hibah Murni àSuatu penelitian yg dilakukan karena pemberian
                                                                  jatah dari Instansi Atasannya,dg tema tertentu d
                                                                  anggaran tertentu besarannya.
                                   b.Hibah BersaingàSuatu penelitian yang tema dan anggarannya
                                                                   sudah ditentukan dari pihak atasan sbg pemberi
                                                                   jatah penelitian, tetapi sifatnya bersaing. Bagi
                                                                   yg Proposalnya baik,tepat mengenai sasaran /
                                                                   permasalahannya akan diterima Proposalny          
                      C.Ditijau dari sudut pandang faktualisasi data yg dibutuhkan.
                             Ini juga bervariasi katagorinya, misalnya:
                              1.Penelitian Historis,dimana data yg dibutuhkan adalah data yg  berun                                                          tun dari wktu yg lalu sampai waktu sekarang.(saat dilakukan penelt)
                                 Contoh Penelitian ttg:
                                 Sejarah, dimana membutuhkan data pada waktu silam sampai seka-
                                 rang.   
                              2.Penelitian Diskreptif,yg akan meggambarkan keadaan yg terjadi pa-
   da saat sekarang ( saat dilaksanakan penelitian). Jadi data yang di –
   kumpulkan  adalah data yang ada sat itu,bagaikan memoptret saja.
3.Penelitian Exploratif,yg akan menggambarkan keadaan dengan da-
    ta yg terjadi sebelumnya.
    Contoh:
     a. Penelitian ttg.Tindak Korupsi, ( kasus ini  sekarang  sedang
         ngetren),dimana data yg diperlukan dengan cara melakukan pe-
         nggalian data yg terjadi sebelum sekarang.
      b.Penelitian ttg keadaan penanaman suatu tanaman.

                              4.Penelitian Ection Research.(Penelitian Tindakan).
    Untuk dapt menggambarkan keadaan sekarang sampai pada perkm-        
         bangan berikutnya dapa waktu –waktu mendatang.
        Contoh: Penelitian Tindakan Kelas,pada proses pembelajaran di klas
         yg setiap waktu dpat berubah karena adanya faktor yg ikut menentu
         tukan hasil belajar siswa. Penelitian ini sebaiknya dilakukan oleh  
        Guru pemegang kelas/ peneliti .(karena ia yng selalu dapat melihat/
         mengamati keadaan di kelas dalam melakukan penelitian).         
                        ***   Dengan catatan bahwa Penelitian tindakan Kelas termasuk Penelitian
                                  Kualitatif yang hasilnya tidak dapt ditarik kesimpulan secara umum.
                       D. Ditinjau dari ujud data yang akan dianalisis.
                              1. Pwnelitian Kuantitatif,dimana data yng dibutuhka d dikumpulkan,
                               diujudkan/dibentuk ”angka ” yng memiliki nilai nominal.
                                Nilai nominal ini biasanya dikaitkan dg.kadar jawaban pada setiap
                                Items pertanyaan yg dijukan sebagai alat pengumpul data.
                                Skala kadar nilai tsb.biasanya terdiri dari : 0 : 1 : 2; 3: 4.( skala  5).
                                Namun bisa juga menggunakan skala10,shg.nilainya 1:2: 3: 4: s/d 10,
                                d bisa juga dg skala 100,shg nilainya terdiri dari, 0;10;20.30.s/d 100.
                            2.Penelitian Kualitatif,dimana datanya diujudkdn/dibentuk ”kata-kata”
                                yang memiliki makna secara kualitatif/kualitas kadar ,yg juga berjen-
                                jang. Misalnya: jelek sekali/kurang sekali.;jelek/kurang; sedang; baik;
                                                    baik sekali.(datanya tidak tepat jika diujudkan dg angka).
 
                 LAMPIRAN-LAMPIRAN. ( jika diperlukan/dipandang perlu).
                       Disini dapat juga dilampirkan contoh-contoh format /formulir; misalnya :
1.Proposal Penelitian./ Surat Ijin Penelitian.
2.Surat Keyerangan Pelaksanaan Penelitian.
3.Kisi –kisi Tatacara merumuskn masalah secara urut dan runtut,sejak
   Pokok masalah, ke Variabel, ke Sub Variabel, ke Sub-sub Variabel s/d
   unsur-unsur/indikator –indikator yang akan dinilai dalam Angket.
4.Angket. Dsb.
                       5.Lembar kerja komputer tentang hasil rekaman analisis data angket.
                       6. Dst. (hal-hal yg perlu dilampirkan karena tidak dapat disertakan dalam
                           naskah/teks).
                                         --------    00000    ----------                     

   NB./ Catatan: 
           4.Suatu pendekatan dlm menelaah sesuatu, dapt dilakukan berdasarkan sudut pan-
               dang ataupun tinjauan dari berbagai satu kesatuan karaktristik maupun cabang
                ilmu, spt.sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, politik, dsb.
           5.Teknik adalah suatu cara operasional yg seringkali bersifat rutin,mekanis,atau
               Spesialistis untuk memperoleh dan mengenai data dalam penelitian.Contoh:
   Suatu penelitian tentang gejala-gejala kemasyarakatan dpt menggunakan Istilah   1.Metode yg secara etimologis  berasal dari Bahasa Yunani, meta yg  berati
   sesudah dan  holos ,berati  jalan.

 Dngan dmikian metode merupakan langkah-langkah yg diambil menurut urutan                                                                   untk mencapai pengetahuan yg telah dirancang dan disepa
 kati dlm proses mmperoleh pngetahuan jenis apapun (Soeprapto,2003:128).
            2.Dari sumber lain menyatakan bahwa ”metode ilmiah pada hakekatnya mrupa
                kan prosedur yg mencakup berbagai tindakan, pikiran,pola kerja,tata lang
                kah, dalam melaksanakan suatu penelitian ilmiah,sehingga dapat mempero-
                pngetahuan baru /mngembangkan pngetahuan yg telah ada”(The Liang Gie,
                1999:117).
            3.Pendekatan pada prinsipnya adalah ukuruan- ukuran untuk memilih masalah-                                                                              masalah dan data yg berkaitan satu sama lainnya.
                Pendekatan /rancangan ilmiah merupakan bentuk sistematis yg khusus dari
                seluruh pemikira dan telaah reflektif.metode
                survei, adapun teknik yg dapat digunakan adalh :wawancara,observasi,angket.
      
                  -----  SELAMAT  BELAJAR  BERJUANG  MENUJU  SUKSES   -----.

            Contoh Proposal Penelitian ( Rancangan Penenitian)
           
A.    JUDUL PENELITIAN.
B.     BIDANG KAJIAN
C.     PENDAHULUAN.
D.    PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH.
E.     TUJUAN PENELITIAN.
F.      MANFAAT HASIL PENELITIAN.
G.    KAJIAN PUSTAKA.
H.    RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN.
I.       JADWAL PENELITIAN.
J.       BEAYA PENELITIAN.
K.    PERSONALIA PENELITIAN.
L.     DAFTAR PUSTAKA.
M.   LAMPIRAN-LAMPIRAN.
1.      Instrument Penelitian.
2.      Curiculum vitae semua peneliti.
3.      Surat keterangan Pelaksanaan Penelitian. (  dari instansi/lembaga ybs).
4.      Surat kerterangan Dekan.
5.      dsb. Hal2 yg perlu dilsmpirkan sbg.data pendukung bahan penelitian.
                    ..........   00000  .......
       Keterangtan/Penjelasan:
1.Judul;
                Seharusnya singkat dan jelas namun mampu menggambarkan masalah yg dite-
                 titi.
a.       Jelas Variabel dan sub- sub Variabelnya.
b.        ”      alat pengumpul data yg akan dipergunakan.
c.         ”      tujuan yg ingin diraih/dicapai melalui penelitian
d.        ”      metode dan pendekatan mana yg akan digunakan dlm penelitian.

 2.  Bidang Kajian.
Berkaitan dgn. Trujuan penelitian yg akan dilaksanakan. Misal Bidang Ekonomi, dlam hal pemasaran, penjualan ,produksi, permodalan dsb.
3.Pendahuluan.
Pada bagian ini memuat banyak hal diantaranya adalah:
                     a. Latar Belakang masalah.
                     b. Identifikasi masalah, masalah2 yg terdapat pada LatarBelakang Masalah
                         dapat diidentifikasi secara mudah dan terinci serta jelas.                                                                                                                                                 

   Mencakup deskripsi/gambaran tentang masalah peningkatan perekonomian
                     Proses identifikasi dan analisis masalah ; penyebab/akar terjadinya masalah                                                                                           .                    serta alasan mengapa masalah itu penting untuk diatasi.
4.Perumusan dan Pemecahan Masalah.
                a.Perumusan masalah sebaiknya dalam bentuk kalimat tanya dan memang meru
                    kan masalah penelitian yang harus dicari pemecahannya.                                                                                                     
                 b.Pemecahan masalah disajikan dalam bentuk alternatif tindakan, leng-
                     kap dengan argumentasi mengapa tindakan itu yang dipilih untk meng
                     atasi masalah.
           5. Tujuan Penelitian.   
                 a.Tujuan Penelitian harus sesuai dg rumusan maslah dan tindakan yg dilakukan                  b.Tujuan Penelitian pada umumnya berkisar pd mendeskripsikan /mengumpul
                     kan informasi /menguji hipotesis.
                 c.Tujuan juga mendeskripsikan apakan dengan tejawabnya hepotesis dapt mem
                     perbaiki keadaan/tindakan lokasi penelitian.
            6. Manfaat Penelitian.
                Manfaat ini pada umumnya mencakup manfaat:
a.       Teoritis,  sebagai sumbangan pengembangan ilmu pengetahuan.
b.      Praktis, untuk peneliti, untuk subyek peneliti, dan untuk penanggung jawab
Lokasi Penelitian.(instansi).
            7.Kajian Pustaka.
               Pada bagian ini dicantumkan kajian konsep, teori,atau penelitian lain yang rele
               van dengan permasalahan dan tindakan yang dirancang, sehingga jelas kerang-
                ka pikir yang digunakan dalam penelitian .Kajian Pustaka dapat berasal dari ber
                bagai sumber, spt: Buku2, Majalah, Jornal, Surat Kabar, Radio, Tv dan Internet
                maupun basil Penelitian yll yg masih relevan dan ada keterkaitannya.
             8.Rencana dan Prosedur Penelitian.
                 Bagian ini memuat:
                 a.Subyek Penelitian, Tempat, Waktu, dan lamanya tindakan.
                 b.Prosedur/Langkah-langkah Penelitian yang dilaksanakan yang terdiri dari:
                    1).Perencanaan.
                    2).Pelaksanaan tindakan.
                    3).Evaluasi – refleksi..
                    4).Peran tin Peneliti dalam Penelitian dapat tergambarkan.



              9.Jadwal Penelitian.
                   Memuat semua kegiatan Penelitian, mulai dari Perencanaan,persiapan,
                   Pelaksanaan, sampai pada Penulisan Laporan, lengkap dg waktu pelak-
                   Sanaan. Jadwal dibuat secara khusus daalm bentuk Tabel.
              10.Beaya Penelitian.
                    Rincian beaya sebaiknya logis pada tiap tahapan dan jenis kegiatan se-
                    suai dengan keadaan/sponsor (bila ada).
               11.Personalia Penelitian.
                     Memuat identitas peneliti serta perannya masing2.
               12.Daftar Pustaka.
                     Memuat semua sumber sebagai acuan dalam penelitian.penulisannya
                     Menurut atueran tertentu ( di Perguruan Tinggi yg bersangkutan).      
                13.Lampiran.
                     Yang dimuat disini sesuai dengan pesan sp kalaonsor ( kalau ada).
                     Pada umumnya yg dilampirkan adalah:
a.       instrumen Penelitian.
b.      Riwayat hidup tim peneliti.
c.       Surat keterangan lain yang diperlukan.    
                                                                                                                                                                                              -----------   ooooo    ----------

       Contoh Laporan Penelitian ( Skripsi ).
             Halaman Judul.
             Halaman Pengesahan.
             Halaman Abstrak.
                    ”        Daftar Isi.
                     ”            ”      Tabel, Gambar, Lampiran  ( kalau ada).
 A.Pendahuluan.
                    1.Latar Belakang Masalah,( data awal dalam mengidentifikasi masalah,
                        Analisis masalah, dan pentingnya masalah dipecahkan).                                                                 
                    2.Rumusan Masalah.
                    3.Tujuan Penelitian.
                    4.Manfaat Penelitian
               B.Kajian Pustaka/ Landasan Teori.
               c. Pelaksanaan Penelitian.
                   1. Subyek Penelitian (lokasi, waktu, dan karakteristik lokasi peneitian).
                   2.Deskripsi Penelitian ( rencana,pelaksanaan,pengamatan,pengumpulan
                       data/instrumen, refleksi).
               D. Hasil Penelitian dan Pembahasan.
                    1.Deskripsi(data tentang perencanaan,pengamatan,refleksi) keberhasilan dan
                        kegagalan,lengkap dengan data.
                    2.Pembahasan Hasil Penelitian.
                E. Kesimpulan dan Saran.
                     1. Kesimpulan.
                     2. Saran-saran.
                   Daftar Pustaka.
                   Lampiran.   
                                                       --------------     00000     --------
                   

·         Tugas 1.Membuat Proposal Penelitian, Judulnya terserah anda, dg waktu 1 minggu.
·         Tgas   2. Ujian tulis:Selasa, 15- Juni-2010.

                       1.Jelaskan mengapa setiap calon sarjana diharapkan mampu memahami d
dan melaksanakan Metodologi Penelitian?
                        2.Apakah yang dimaksud dengan Metodologi  Penelitian itu?
                        3. Apakah peran Variabel dalam penelitian itu?.
                        4. Mengapa sesuatu itu perlu dilakukan penelitian?
                        5. Jelaskanlah bahwa tidak harus semua individu dalam populasi diteliti,
                            Mengapa?
6.Untkmengambil sampel yang representatif harus menggunakan teknik           
    yng mana saja?
7.Untuk mengambil data yang akurat,memakai metode, pendekatan dan
    Teknik yang mana?
8. Bagaimana cara menganalisis data yng telah dikumpulkan oleh peneliti?
9. Kapan metode analisis yng bersifat filosofis digunakan?
                       10.Bilamanakah hasil penelitian dinyatakan signifikan?
                       11.Bagaimana apabila hasilnya tidak signifikan?
                       12.Penelitian yang bersifat bagaimana yang tidak dapat ditarik secara uni-
                            versal hasil penelitiannya?
                      13.Dalam suatu penelitian ada istilah ”Trianggulasi”apa itu d apa gunanya?
                      14.Jelaskan apa yang dimaksud dengan ”teknik random sampling” dan ”tek
                           non random sampling?
                      15.Setelah hasil penelitian anda simpulkan, apa tindakan anda selanjutnya?
                      16. Bagaimana membuat kesimpulan yang baik?
                      17. Bagaimana membuat saran-saran yang baik?.
                      18. Apa manfaat hasil penelitian bagi:
                            a.Peneliti.
                            b.Masyarakat.
                            c.Pemerintah/instansi terkait?
                      19.Apakah suatu masalah dapat diteliti ber-ulang2? Dan apa alasannya?
                      20.Kapankah sebaiknya penelitian itu dilakukan?

                       ------  Selamat mengerjakan dan semoga sukses semuanya ------

1.       


                                        

No comments:

Post a Comment

Jina wajina lirik

 Jina wajina