Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
( R P P )
Satuan Pendidikan : MTs PB Roudlotul Mubtadiin Balekambang
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadist
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok : Pengertian dan
Fungsi Al-Qur’an dan Hadist
Alokasi Waktu : pertemuan (2x 40 menit)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI.1 Menjelaskan cara –cara memfungsikan Al-Qur’an
dan Hadistt
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR:
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
1
|
1.1
|
Menjelaskan
cara –cara memfungsikan Al-Qur’an dan Hadistt
|
- Menjelaskan cara memfungsikan Al-Qur’an
- Menunjukkan cara memfungsikan Hadistt
-
Menggambarkan cara
memfungsikan Al-Qur’an dan Hadist
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Menjelaskan
cara memfungsikan Al-Qur’an
2. Menunjukkan cara memfungsikan Hadistt
3. Menggambarkan cara memfungsikan Al-Qur’an dan Hadist
D. MATERI PEMBELAJARAN :
Pertemuan Kedua :
1. Cara memfungsikan Al-Qur’an dan Hadistt
2. Cara
memfungsikan Hadistt
3. Perbandingan fungsi Al-Qur’an dan Hadistt
E. METODE PEMBELAJARAN :
1. Pendekatan
Scientific
2. Model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Direct Instruction
3. Metode diskusi, drill, dan demontrasi.
F. SUMBER BELAJAR
Buku Pendamping
Fattah sesuai kurikulum 2013 Al-Qur;an Hadist untuk SMP/MTs kelas VII.
Buku Guru Madrasah
Tsanawiyah Kementrian Agama Republik Indonesia 2014
G.
MEDIA
PEMBELAJARAN
1.
Media
i.
Papan tulis/white Board
2.
Alat
a.
Papan tulis
b.
Spidol
H.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
I.
PERTEMUAN KEDUA
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Guru
membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang
peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru
memulai pembelajaran dengan membaca Al-Qur’an surah/ayat pilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang
ditentukan sebelumnya);
c.
Guru
memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan
tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
d.
Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan
secara komunikatif yang berkaitan
dengan materi pelajaran.
e.
Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar
dan tujuan yang akan dicapai.
|
20 Menit
|
2.
|
Kegiatan inti
a.
Mengamati
· Mendiskusikan
cara memfungsikan Al-Qur’an
· Mendiskusikan
cara memfungsikan Hadistt
·
Tanya jawab
tentang memfungsikan Al-Qur’an dan
b.
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan kepada teman dan guru
tentang hal- hal yang belum jelas.
c.
Explore
·
Peserta didik mendiskusikan cara memfungsikan Al-Qur’an
·
Tanya jawab tentang memfungsikan Al-Qur’an dan Hadistt
·
Siswa
membentuk 4 kelompok
§ Bersama kelompoknya siswa mendiskusikan
cara –cara memfungsikan Al-Qur’an dan Hadist
§ Siswa menuliskan hasil diskusi bersama
kelompoknya kemudian ditempel di depan kelas
§ Hasil pengamatan dan penilaian siswa
dipresentasikan
§ Kelompok lain dan guru menilai presentasi pada lembar penilaian
§ Hasil penilaian dikumpulkan ke guru
§ Guru menentukan hasil kerja kelompok terbaik
d.
Asosiasi
·
Anggota yang lain
mengamati dan mendiskusikan untuk memberi penilaian.
·
Memilih diantara anggota
kelompok yang paling bagus, fasih dan lancar untuk dijadikan model.
·
Memilih diantara temannya
untuk menjadi presenter, sekretaris dan pengamat.
e.
Komunikasi..
·
Kelompok lain mengamati
dan memberi penilaian hasil presentasi .
·
Sekretaris menginventaris hasil penilaian masing–masing kelompok.
·
Selama pembelajaran berlangsung guru mengadakan penilaian proses dengan rubrik observasi dan memberi
penguat dari hasil presentasi.
·
Guru memberi penghargaan pada kelompok yang hasil presentasinya
terbagus.
|
50 menit
|
3.
|
Penutup
a.
Dibawah bimbingan
guru, peserta
didik menyimpulkan materi
pembelajaran secara demokratis.
b.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap
pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c.
Guru memberikan reward kepada kelompok
“terbaik”, yakni:
- Kelompok
yang benar dalam “ Menjelaskan cara –cara memfungsikan Al-Qur’an dan Hadist.”
d.
Guru menjelaskan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri
terstruktur.
e.
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa.
|
10
enit
|
I.
Penilaian
1.
Tes
(tulis dan lisan)
2.
Non
tes (portofolio)
J. Lembar Lembar Penilaian
1.
Tes
·
Tulis
No.
|
Butir – butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
jelaskan cara memfungsikan Al-Qur’an ?
|
|
2.
|
Tunjukkan cara memfungsikan Hadistt ?
|
|
3.
|
gambarkan cara
memfungsikan Al-Qur’an dan Hadist
|
|
|
|
|
4.
|
Jelaskan fungsi hadis !
|
|
·
Lisan
(mempresantasikan hasil diskusi)
No.
|
Nama Peserta didik
|
Kemampuan Mempresentasikan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
1
|
Siswa
1
|
|
|
|
|
|
2.
2
|
Siswa 2
|
|
|
|
|
|
3.
3
|
Siswa 3
|
|
|
|
|
|
Dst
|
Dst..........................
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Skor Tes lisan :
·
Mempresentasikan sangat baik = 80 – 90 = A
·
Mempresentasikan baik =
70 – 79 = B
·
Mempresentasikan kurang baik = 60 – 69 = C
·
Mempresentasikan tidak lancar = 50 – 59 = D
·
Tidak dapat mempresentasikan = kurang dari 50 = E
2.
Non Tes
Portofolio
(tugas dan observasi dikerjakan di lembar kerja dan diserahkan kepada pendidik)
Mengetahui
Guru Pamong Mapel
Al-Qur’an Hadist
M. FAQIHUDDIN, S. PD.I
|
Mengetahui,
Kepala MTs
Roudlotul Mubtadiin
NURDIN LUBIS, S.S
|
Jepara, 25 Agustus 2014
Peserta PPL
ABDUR ROUF
|
No comments:
Post a Comment