Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama Madrasah : MTs PB Raudlotul Mubtadiin
Mata Pelajaran :
Fiqh
Materi : Sholat Fardhu
Kelas :
VII (Tujuh)
Alokasi Waktu :
80 menit
Pertemuan : ke 1
A.
Kompetensi
Inti :
(KI-1) Menghayati dan meyakini akidah Islamiyah.
(KI-2) Menghargai dan menghayati akhlak (adab) yang baik dalam beribadah dan berinteraksi dengan diri sendiri, keluarga, teman, guru,
masyarakat, lingkungan sosial dan alamnya
(KI-3) Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan
procedural) berdasarkan rasa ingintahunya tentang al-Qur’an, Hadis, FIKIH ,
akidah, akhlak, dan sejarah Islam.
(KI-4) Mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di madrasah dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.1. Memiliki
kesadaran pentingnya beribadah
2.2.
Memiliki
sikap yang baik saat melaksanakan ibadah
3.3
Menjelaskan tatacara salat lima waktu
4.4. Mempraktikkan shalat lima waktu dan sujud sahwi
C.
Indikator
-
Peserta didik dapat melafalkan
niat sholat Jamaah
-
Peserta didik
dapat menjelaskan pengertian Sholat Jamaah
-
Peserta didik
dapat Melafalkan dalil dalil sholat Jamaah
-
Peserta didik
dapat menjelaskan pengertian Sholat Jamaah
-
Peserta didik dapat melafadlkan bacaan – bacaan dalam sholat Jamaah
-
Peserta didik dapat mempraktekkan Sholat Jamaah
-
Peserta didik
dapat menjelaskan pengertian Sujud
Sahwi
-
Peserta didik dapat melafadlkan bacaan dalam Sujud Sahwi
-
Peserta didik dapat mempraktekkan Sujud Sahwi
D. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mempelajari tata cara Sholat Jamaah , siswa dapat
memahami dan melafalkan niat-niat sholat Jamaah dengan benar
2. Dengan mempelajari tata cara sholat Sholat jamaah, siswa dapat memahami dan melafalkan dalil-dalil Sholat Jamaah dengan benar
3. Dengan mempelajari Sholat Jamaah , siswa dapat
mengamati, memahami pengertian
Sholat Jamaah dengan benar
4. Dengan mempelajari tata cara sholat Jamaah , siswa mampu mempraktekkan / melaksanakan sholat Sholat Jamaah
dengan benar
5. Dengan mempelajari Sujud Sahwi, siswa dapat
mengamati, memahami pengertian
Sujud Sahwi dengan benar
6. Dengan mempelajari tata cara Sujud Sahwi, siswa mampu
mempraktekkan / melaksanakan Sujud Sahwi dengan benar
- Materi Ajar (Materi Pokok)
Ø Niat
sholat Jamaah
1.
Niat sholat Jamaah
أُصَلِّى
فَرْضَ اُلجمعة ركعتين مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا للهِ تَعَألَى
Bacaan-bacaan
sholat Jamaah
1.
Takbiratul Ikrom أَللهُ
أَكْبَرْ
2.
Ruku’
سُبْحَانَ
رَبَّيَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ
3.
I’tidal
رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ
مِلْئُ السَّمٰوَاتِ وَمِلْئُ الاَرْضِ وَمِلْئُ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ
4.
Sujud
سُبْحَانَ
رَبَّيَ الأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ
5.
Duduk diantara dua sujud
رَبِّ اغْفِرِلِى
وَارْحَمْنِى وَاجْبُرْنِى وَارْفَعْنِى وَارْزُقْنِى وَاهْدِنِى وَعَافِنِى وَاعْفُ عَنِّى
6.
Tasyahud awal
اَلتَّحِيَّاتُ
الْمُبَرَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا
النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى
عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ. اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهِ وَاَشْهَدُ
اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ.
7.
Tasyahud Akhir
اَلتَّحِيَّاتُ
الْمُبَرَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا
النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى
عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ. اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهِ وَاَشْهَدُ
اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ. اَللّهُمَّ
صَلِّى عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى ا`لِ مُحَمَّدٍ. كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى
اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى ا`لِ اِبْرَاهِيْمَ
, وَبَرِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى ا`لِ
مُحَمَّدٍ, كَمَا بَارَكْتَ عَلَى اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى ا`لِ
اِبْرَاهِيْمَ, فِى الْعَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.
Tata cara pelaksanaan Sholat Jamaah
1.
Takbiratul Ikhram
2.
Rukuk
3.
I’tidal
4.
Sujud
5.
Duduk Diantara dua sujud
6.
Tasyahud Awal
7.
Tasyahud Akhir
8.
Salam
9.
Pengertian sholat Jamaah
----------------------------------
10.
Dalil Sholat Jamaah
Dalam Surat Al Jum’ah Ayat 9 :
11.
Syarat Wajib dan Syarat Syah Sholat Jamaah
12.
Rukun – rukun Sholat Jamaah
Ø
Sujud sahwi
1.
Pengertian Sujud Sahwi adalah sujud
yang dilakukan seseorang meninggalkan sunah ab’ad, kekurangan rakaat atau
lebihan rakaat, maupun ragu-ragu tentang jumlah rakaat dalam shalat.
2.
Lafadz Sujud Sahwi سُبْحَانَ مَنْ لاَيَنَامُ وَلاَ يَسْهُواْ
F.
Metode Pembelajaran:
1. Ceramah Interaktif
2. Tanya Jawab
3. Role Play
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b.
Peserta didik menyiapkan buku teks siswa mata pelajaran fiqih
c.
Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan
diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang
akan dicapai.
d.
Guru menanyakan materi yang diajarkan sebelumnya yaitu
tentang syarat dan rukun sholat
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
a. Mengamati
-
Siswa melakukan pengamatan dengan cara membaca buku
teks Fiqih materi tata cara sholat Jamaah
dan sujud sahwi
-
Mencermati lafadz niat melalui praktik keterangan dari guru
-
Mencermati bacaan dan gerakan sholat Jamaah dan sujud sahwi melalui praktik sebagai media pembelajaran dan penjelasan guru.
b. Menanya
-
Melalui tanya jawab dengan peserta didik, guru
menggali pengetahuan peserta didik tentang tentang niat sholat Jamaah
-
Melalui tanya jawab dengan peserta didik, guru
menggali pengetahuan peserta didik tentang tentang lafadz - lafadz sholat Jamaah
-
Melalui tanya jawab dengan peserta didik, guru
menggali pengetahuan peserta didik tentang tentang gerakan dalam sholat Jamaah
-
Melalui tanya jawab dengan peserta didik, guru
menggali pengetahuan peserta didik tentang sujud sahwi
c. Mengumpulkan
data/eksplorasi dan mencoba
-
Peserta didik melalui bimbingan guru
mengidentifikasi lafadz dan gerakan – gerakan yang dilakukan dalam sholat Jamaah dan sujud sahwi
- Peserta
didik atas bimbingan guru, membentuk beberapa kelompok untuk melakukan peran
(role play) tentang :
1)
Pengucapan
niat sholat Jamaah
2)
Pengucapkan
lafadz-lafadz shalat Jamaah
3)
Gerakan-gerakan dalam sholat Jamaah
4)
Bacaaan sujud sahwi
d. Mengasosiasi
-
Peserta didik menyimpulkan tentang tata cara dan urutan pelaksanaan
sholat Jamaah dan sujud sahwi
e. Mengkomunikasikan:
-
Peserta didik mempresentasikan dengan cara
memerankan (role play) kepada siswa secara keseluruhan berdasarkan hasil
eksplorasi yang telah diperankan secara berkelompok pada tahap mencoba
|
60 menit
|
Penutup
|
a.
Guru meminta agar para peserta didik melafalkan niat sholat Jamaah dan bacaan sujud sahwi
b.
Guru memberikan penguatan kepada
peserta didik tentang pentingnya manusia melaksanakan sholat sebagai bukti
pengabdian seorang hamba kepada Kholik-nya
c.
Guru menutup/mengakhiri pelajaran
tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
d.
Guru mengucapkan salam kepada para
peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
|
10 menit
|
H.
Alat /Sumber Belajar
1. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Thoha Putra, Semarang,
2010.
2. T.
Darsono, Fiqih Kelas VII, Tiga Serangkai, Solo, 2010.
3. Modul Fiqih KKMTs 02 Jepara
4. Alat: OHP/komputer,LCD.
I.
Penilaian
1. Teknik Penilaian : 1. Praktek
2. Pengamatan (terlampir)
2. Bentuk : Unjuk Kerja
3. Instrumen : Praktekkan sholat Jamaah dengan
benar !
4.
Aspek yang dinilai : Kognitif (pelafalan)
Psikomotorik (gerakan)
5.
Pedoman penilaian : Pelafalan skor = 50
Gerakan =
50
J.
Lembar Penilaian
LEMBAR PRAKTEK SHOLAT LIMA WAKTU
No.
|
Kelompok Peserta didik
|
Aspek yang dinilai
|
Total Nilai
|
|
Lafadz (kognitif)
|
Gerakan (psikomotor)
|
|||
1.
|
Kelompok I
|
|
|
|
2.
|
Kelompok II
|
|
|
|
3.
|
Kelompok III
|
|
|
|
4.
|
Kelompok VI
|
|
|
|
5.
|
Kelompok V
|
|
|
|
Lembar Pengamatan Bermain Peran
Kelas : VII (Tujuh)
Kegiatan : Bermain peran
melaksanakan sholat Jamaah
Tema : Sholat Jamaah
Nama
|
Aspek
Penilaian
|
Rata-Rata
Nilai
|
||
Partisipasi
|
Penghayatan
Peran
|
Kerjasama
|
||
Kelompok I
|
||||
Kelompok II
|
||||
Kelompok III
|
||||
Kelompok VI
|
|
|
|
|
Kelompok V
|
|
|
|
|
Pedoman Penskoran
Aspek Penilaian
|
Deskripsi
|
Nilai
|
Partisipasi
|
|
60
– 100
|
Penghayatan
Peran
|
|
60 – 100
|
Kerjasama
|
|
60–
100
|
Jepara,
17 September 2014
Guru Pamong Guru Bidang
Studi Fiqih
Nasirun, S.Pd.I Ahmad
Arif
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Mts PB Roudlotul Mubtadiin
Nurdin
Lubis,S S,MM
No comments:
Post a Comment