Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
( R P P )
Satuan Pendidikan : MTs PB Roudlotul Mubtadiin Balekambang
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok : Mengidentifikasi sifat-saifat Allah swt
Alokasi Waktu : pertemuan (2x 40 menit)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI.1 Mengidentifikasi sifat-saifat Allah
swt
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR:
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
1
|
1.1
|
Meyakini sifat-sifat waib bagi
Allah yang Nafsiyah, Salbiyah, Ma’ani, dan Na’nawiyah, sifat-sifat mustahil
serta sifat jaiz bagi Allah
|
1.
Menjelaskan
sifat-sifat
wajib, mustahil dan jaiz bagi Allah
2.
Menjelaskan
sifat-sifat wajib bagi Allah yang Nafsiyah
3.
Menjelaskan
sifat-sifat wajib bagi Allah yang Salbiyah
4.
Menjelaskan sifat-sifat
wajib bagi Allah yang Ma’ani
5.
Menjelaskan
sifat-sifat wajib bagi Allah yang Ma’nawiyah
|
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.
Menjelaskan sifat-sifat
wajib, mustahil dan jaiz bagi Allah
2.
Menjelaskan
sifat-sifat wajib bagi Allah yang Nafsiyah
3.
Menjelaskan sifat-sifat
wajib bagi Allah yang Salbiyah
4.
Menjelaskan
sifat-sifat wajib bagi Allah yang Ma’ani
5.
Menjelaskan
sifat-sifat wajib bagi Allah yang Ma’nawiyah
D.
MATERI PEMBELAJARAN :
Pertemuan pertama :
a)
Perkenalan
b)
Menjelaskan pengertian sifat-sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi Allah
c)
Menjelaskan
sifat-sifat wajib bagi Allah yang Nafsiyah
d)
Menjelaskan
pengertian sifat-sifat wajib bagi Allah yang Salbiyah
e)
Menjelaskan pengertian
sifat-sifat wajib bagi Allah yang Ma’ani
f)
Menjelaskan pengertian
sifat-sifat wajib bagi Allah yang Ma’nawiyah
E.
METODE
PEMBELAJARAN :
1. Pendekatan
Scientific
2. Model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Direct Instruction
3. Metode diskusi
F.
SUMBER BELAJAR
Buku Pendamping
sesuai kurikulum 2013 Modul Akidah Akhlak untuk SMP/MTs kelas VII.
Buku Guru Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah
Kementrian Agama Republik Indonesia 2014
G. MEDIA PEMBELAJARAN
1. Media
Papan tulis/white Board
2. Alat
a.
Papan tulis
b.
Spidol
H. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
I. PERTEMUAN PERTAMA
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Guru
membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang
peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru
memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan
tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
c.
Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan
secara komunikatif yang berkaitan
dengan materi pelajaran.
d.
Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar
dan tujuan yang akan dicapai.
|
20 Menit
|
2.
|
Kegiatan inti
a.
Mengamati
·
Mengamati
dan memperhatikan tentang pertanyaan awal Bab II
·
Peserta didik mencermati
pengertian sifat-sifat
wajib, mustahil dan jaiz bagi Allah
·
Peserta didik mencermati
pengertian sifat-sifat wajib bagi Allah yang Nafsiyah, Salbiyah, Ma’ani,
Ma’nawiyah
b.
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan kepada teman dan guru
tentang hal- hal yang belum jelas.
c.
Explore
·
Peserta didik mendiskusikan
perbedaan sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi Allah
·
Peserta didik mendiskusikan sifat-sifat wajib bagi Allah yang Nafsiyah,
Salbiyah, Ma’ani, Ma’nawiyah
·
Siswa
membentuk 4 kelompok yang terdiri dari 10 siswa
·
Bersama kelompoknya siswa mendiskusikan materi tentang mengidentifikasi sifat-sifat Allah
·
Siswa menuliskan hasil diskusi bersama kelompoknya
kemudian ditempel di depan kelas
·
Hasil pengamatan dan penilaian siswa dipresentasikan
·
Kelompok
lain dan guru menilai presentasi pada lembar penilaian
·
Hasil
penilaian dikumpulkan ke guru
·
Guru menentukan hasil kerja kelompok terbaik
d.
Asosiasi
·
Anggota yang lain
mengamati dan mendiskusikan untuk memberi penilaian..
·
Memilih diantara temannya
untuk menjadi presenter, sekretaris dan pengamat.
e.
Komunikasi..
·
Kelompok lain mengamati
dan memberi penilaian hasil presentasi .
·
Sekretaris menginventaris hasil penilaian masing–masing kelompok.
·
Selama pembelajaran berlangsung guru mengadakan penilaian proses dengan rubrik observasi dan memberi
penguat dari hasil presentasi.
·
Guru memberi penghargaan pada kelompok yang hasil presentasinya
terbagus.
|
50 menit
|
3.
|
Penutup
a.
Dibawah bimbingan
guru, peserta
didik menyimpulkan materi
pembelajaran secara demokratis.
b.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap
pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c.
Guru memberikan reward kepada kelompok
“terbaik”, yakni:
- Kelompok
yang benar diberikan nilai yang terbaik
d.
Guru menjelaskan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri
terstruktur.
e.
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa.
|
10
enit
|
I.
Penilaian
1.
Tes
(tulis dan lisan)
2.
Non
tes (portofolio)
J. Lembar Lembar Penilaian
1.
Tes
·
Tulis
No.
|
Butir – butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Sebutkan
sifat wajib mustahil jaiz bagi Allah !
|
Sifat wajib
ada 20 yaitu wujud sampai mutakallim.
Sifat
mustahil ada 20 yaitu adam sampai abkama
Sifat jaiz
ada 1 yaitu fi’lu kulli mumkiniin autar
kuhu
|
2.
|
Jelaskan pengertian sifat Wajib bagi Allah !
|
Sifat wajib
bagi Allah adalah sifat-sifat yang pasti dimiliki oleh Allah swt yang sesuai
dengan keagungan-Nya sebagai pencipta alam seisinya.
|
3.
|
Jelaskan pengertin
sifat Mustahil bagi Allah !
|
Sifat
mustahil bagi Allah adalah sifat yang tidak mungkin ada dan tidak layak
disabdarkan pada Dzat sebagai pencipta alam semesta.
|
4.
|
Jelaskan pengertian
sifat jaiz bagi Allah!
|
Sifat jaiz bagi Allah adalah sifat kebebasan yakni
kebebasan yang dimiliki-Nya sebagai tuhan alam semesta dan kebebasan untuk
berbuat sesuatu atau tidak berbuat sesuatu dengan kehendak-Nya yang mutlak.
|
·
Lisan
(mempresantasikan hasil diskusi)
No.
|
Nama Peserta didik
|
Kemampuan Mempresentasikan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
1
|
Siswa
1
|
|
|
|
|
|
2.
2
|
Siswa 2
|
|
|
|
|
|
3.
3
|
Siswa 3
|
|
|
|
|
|
Dst
|
Dst..........................
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Skor Tes lisan :
·
Mempresentasikan sangat baik = 80 – 90 = A
·
Mempresentasikan baik =
70 – 79 = B
·
Mempresentasikan kurang baik = 60 – 69 = C
·
Mempresentasikan tidak lancar = 50 – 59 = D
·
Tidak dapat mempresentasikan = kurang dari 50 = E
2.
Non Tes
Portofolio
(tugas dan observasi dikerjakan di lembar kerja dan diserahkan kepada pendidik)
Mengetahui
Guru Pamong Mapel Aqidah Akhlak
MASTUKIN
|
Mengetahui,
Kepala MTs
Roudlotul Mubtadiin
NURDIN LUBIS, S.S
|
Jepara, 25 Agustus 2014
Pendidik Mapel Aqidah Akhlak
ACHMAD SURYA ACHADA
|
No comments:
Post a Comment